Broadband-Internet

Akamai baru saja merilis laporan State of the Internet yang mengungkap kecepatan dan pertumbuhan Internet di beberapa Negara di dunia, termasuk di dalamnya Indonesia.

Dalam laporan yang dirillis Akamai awal Januari 2015 ini menyebutkan bahwa rata-rata kualitas koneksi internet berbasis fixed broadband di Indonesia melesat cepat. Pada kuartal ketiga 2014 kecepatan rata-rata internet di Indonesia mencapai 3,7 Mbps, meningkat 149% dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya dan 49% lebih baik dari pada kuartal kedua 2014.

Berdasarkan laporan tersebut, kecepatan rata-rata internet di Indonesia saat ini sudah mendekati kecepatan internet Cina dan meninggalkan Vietnam, Filipina, dan India. Untuk kawasan Asia Pasifik, yang menduduki posisi nomor satu dalam hal kecepatan Internet adalah Korea Selatan dengan kecepatan rata-rata internetnya yang mencapai 25,3 Mbps, disusul Hongkong dengan kecepatan rata-rata internetnya yang mencapai 16,3 Mbps.

DI Indonesia sendiri diperkirakan saat ini 35% pengguna Internet menggunakan koneksi internet dengan kecepatan lebih dari 3 Mbps. Sekitar 3,3% memiliki sambungan dengan kecepatan lebih dari 10 Mbps, dan 0,9% yang memiliki koneksi di atas 15 Mbps.

Seperti yang kami bilang di awal, bahwa prosentase yang ada ini hanya mengukur kecepatan internet berbasis fixed broadband bukan kecepatan mobile broadband. Untuk kecepatan internet menggunakan mobile broadband di Indonesia berada di kisaran 512 Mbps hingga 1 Mbps, yang diperkirakan akan terus naik seiring kehadiran jaringan LTE di Indonesa.