Automattic rilis iterasi terbaru WordPress, WordPress 3.4

Automattic rilis iterasi terbaru WordPress, WordPress 3.4

316

Mengawali pagi di hari kamis ini, kami mendapatkan beberapa informasi seputar dunia geeks yang layak untuk kami bagikan ke teman-teman Geeks. Salah satu informasi tersebut adalah informasi tentang kemunculan versi terbaru Blog Engine sekaligus CMS WordPress, WordPress 3.4. Versi terbaru WordPress ini muncul setelah sebelumnya muncul dalam versi beta dan alpha.

Seperti biasa, di setiap update terbaru versi WordPress selalu membawa perbaikan pada beberapa bug atau error yang ditemukan di versi sebelumnya. Selain perbaikan pada bug atau error, Automattic juga menambahkan beberapa fitur baru maupun optimalisasi fitur-fitur yang ada melalui update WordPress. Dan tidak terkecuali di versi terbaru WordPress 3.4 Automattic juga menambahkan beberapa fitur yang boleh dibilang benar-benar baru. Fitur tersebut antara lain

Live Theme Previews

Live Theme Previews

Live Theme Previews merupakan sebuah fitur baru di WordPress 4.3 yang memungkinkan pengguna WordPress untuk melihat preview ubahan yang dilakukan pada themes secara langsung sebelum themes diaktifkan. Perlu diperhatikan, fitur ini tersedia untuk themes yang terinstall saja. Jadi dengan fitur ini pengguna dapat melihat tampilan hasil ubahan tanpa perlu mengaktifkan theme dan melanjutkan editing theme tanpa harus mengganggu tampilan theme yang tengah aktif.

Custom Headers

Custom header 1

Custom Header 2Custom Header 3

 

 

 

Fitur ini sebenarnya sudah ada di versi WordPress sebelum WordPress 3.4, namun di versi tersebut fitur hanya digunakan untuk memasang gambar sebagai header saja. Di WordPress 3.4 fitur ini dibuat lebih interaktif. Dengan fitur Custom Headers di WordPress 3.4 kini kita dapat menentukan tinggi atau lebar gambar header dari theme yang digunakan sesuai dengan yang kita inginkan. Bukan ukuran tetap (fixed) seperti di versi WordPress sebelumnya. Selain itu, kini kita dapat memilih gambar header dari koleksi gambar yang ada di Media Library.

Media Library

Twitter Embeds

Twitter Embed

Twitter Embed 2

 

 

 

 

Twitter Embeds merupakan fitur yang kami rasa cukup menarik yang dibawa di update WordPress 3.4. Fitur ini memungkinkan pengguna melakukan embed status tweet kedalam postingan seperti melakukan embed video dari YouTube. Bukan hanya sekedar melakukan copy paste dan menampilkan status twitter, fitur Twitter Embed juga akan memunculkan semua fungsi Twitter didalam postingan, seperti reply dan Retweet. Caranya cukup mudah, kita cukup copy dan paste permalink status tweet di postingan dan otomatis status akan terembed ke postingan.

Sebenarnya model embed dengan copy paste link atau permalink ini tidak hanya untuk Twitter saja melainkan juga bisa untuk layanan lain seperti, YouTube, Vimeo, DailyMotion, blip.tv, Photobucket, dll.

Perbaikan pada Caption untuk Gambar dan Video

Caption

Basic HTML telah ditambahkan untuk Caption di image uploader. Hal ini memungkinkan pengguna untuk menambahkan link – menambahkan kredit foto atau rincian lisensi dengan format dasar seperti teks tebal dan dicetak miring.

Seperti yang kami bilang di awal, selain menambahkan beberapa fitur, Automattic juga meningkatkan performa dari Engine WordPress. Beberapa hal yang dilakukan adalah Optimize WP_Query, Themes API, External Libraries, hingga membuat XML-RPC API yang baru yang mana semuanya akan meningkatkan performa dari WordPress 3.4.

Jadi untuk teman-teman Geeks yang menggunakan Engine WordPress sebagai CMS atau Engine Blog, tidak ada salahnya untuk segera mengupdate versi WordPress yang teman-teman Geeks gunakan ke versi WordPress terbaru, yaitu WordPress 3.4.