Microsoft: Kami tidak berencana membuat brand sendiri untuk Windows Phone Device

Microsoft: Kami tidak berencana membuat brand sendiri untuk Windows Phone Device

260

Ketika Microsoft mengungkapkan bahwa perusahaan akan membuat sendiri tablet Windows 8 Surface, beberapa orang percaya bahwa langkah logis berikutnya adalah perusahaan juga akan memulai memproduksi smartphone sendiri. Seorang eksekutif di Microsoft telah keluar dan angkat bicara bahwa hal tersebut tidak dilakukan, dan bahwa perusahaan tidak akan mengejar strategi yang sama untuk smartphone. Ketika ditanya secara langsung mengenai rumor yang menyebutkan bahwa Microsoft punya rencana untuk menerapkan strategi yang sama untuk smartphone, Greg Sullivan, senior marketing manager untuk Windows Phone, mengatakan, “Tidak, kami tidak melakukannya.”

Windows-Phone-8

Langkah Microsoft yang merilis tablet Windows 8 Surface merupakan langkah berani Microsoft untuk memasuki pasar tablet dengan sendirinya, terutama dengan risiko mengasingkan mitra OEM dalam prosesnya. Salah satu perusahaan yang memproduksi perangkat tablet, Acer adalah satu dari perusahaan yang menentang langkah yang diambil Microsoft tersebut. Acer mengatakan bahwa itu merupakan sebuah cara atau strategi untuk memancing minat terhadap platform Windows 8 secara keseluruhan, memancing minat OEM terhadap sistem operasi terbarunya sebelum Microsoft membuat keluar dari perangkat kerasnya di kemudian hari.

Seorang analis yang memicu rumor Microsoft akan merilis handset Windows Phone 8 miliknya sendiri, mengklaim bahwa perusahaan akan menjalin kesepakatan dengan produsen hardware untuk memproduksi handset Windows Phone 8. Tidak ada detail yang jelas mengenai platform mana yang ditunjuk untuk merealisasikan niat tersebut, etapi analis melanjutkan dengan mengatakan bahwa ia tidak akan terkejut melihat Microsoft membawa handset bermerek ke pasar tahun depan.

Kabarnya mitra yang akan membawa Windows Phone 8 ke pasar diantaranya ada Samsung, HTC, Nokia, and Huawei. Bahkan sudah muncul detail spesifikasi smartphone Windows Phone 8 dari HTC dengan pilihan untuk pasar entry-level, midrange, dan high-end. Smartphone tersebut disebut-sebut dengan codename Rio, dikatakan memiliki layar 4-inci WVGA, dan didukung oleh prosesor Snapdragon S4 ditambah dengan 512MB RAM serta memiliki fitur kamera lima megapiksel. Sedangkan untuk handset dengan codename Zenith, dilaporkan dilengkapi dengan layar Super LCD2 berukuran 4,7-inch 720p, sebuah prosesor Snapdragon quad-core, kamera delapan megapiksel, dan koneksi HSPA+ yang support kecepatan hingga 42Mbit/s.

[via Information Week]