ICANN ungkap beberapa Top Level Domain baru, termasuk .google dan .amazone

ICANN ungkap beberapa Top Level Domain baru, termasuk .google dan .amazone

336

Masih ingat postingan kami di idgeeks.net beberapa waktu yang lalu yang menginformasikan bahwa Google tengah mengajukan aplikasi untuk pembuatan Top Level Domain .google? Nah, hari Rabu (13/6) waktu setempat, ICANN telah mengungkapkan hampir 2.000 aplikasi generic top-level domain name baru. Dari 1.930 aplikasi, beberapa merupakan klaim dari perusahaan yang berbeda. Ada sekitar tiga belas perusahaan berlomba-lomba untuk mendapatkan kontrol dari top level domain sesua brand perusahan, termasuk Amazon dan Google, sementara Apple telah mengajukan satu domain – .apple. Dan yang lebih mengejutkan lagi, Google telah mengajukan klaim untuk lebih dari 100 TLD, termasuk .google dan .android.

gtld

Ini adalah tantangan tersendiri untuk ICANN, karena masing-masing perusahaan akan mendapatkan gTLD masing-masing. Siapapun yang mengamankan aplikasi mereka akan diwajibkan membayar sebesar $25,000 pertahun untuk setiap gTLD. Ditanya mengapa proses itu begitu kompleks, dan mengapa biaya begitu besar, ICANN menyatakan bahwa mereka butuh kerjakeras dan banyak waktu untuk mewujudkan dan mengontrol operasi gTLD. “Ini adalah operasi teknis yang serius untuk menjalankan sistem Top Level Domain, benar-benar berbeda dari mengelola domain tingkat kedua” kata Rod Beckstrom, Presiden dan CEO ICANN, “untuk keamanan internet, Anda harus melakukannya dengan benar.”

“Program ini dibuka sebagai level umum, dan terserah kepada lembaga-lembaga atau perusahaan untuk memutuskan apakah ikut berpartisipasi atau tidak” ungkap Kurt Pritz, senior vice president ICANN. “Beberapa telah memutuskan untuk berpartisipasi, dan beberapa tidak.” Mereka yang akhirnya menjalankan mereka juga yang akan menghadapi tanggung jawab yang sedang berlangsung, termasuk mengelola take-down merek dagang jika merek komplain, dan ICANN akan mengambil kembali gTLD jika mereka secara konsisten menunjukkan bahwa mereka ‘tidak sesuai dengan tantangan.

gTLD pertama akan hadir pada Q3 2013 nanti, dan ICANN berharap gelombang selanjutnya akan diselesaikan dalam waktu 4 sampai dengan 5 bulan. Dan waktu tersebut juga termasuk waktu untuk komplain dan banding.

[via SlashGear]