iOS sumbang 40% profit untuk Aplikasi Mobile Google

iOS sumbang 40% profit untuk Aplikasi Mobile Google

169

Google-Mobile-revenue-by-AppleTampaknya Google harus cemas akan langkah yang ditempuh Apple yang memutuskan untuk tidak lagi menggunakan layanan maps dari Google dan memilih menggunakan maps miliknya sendiri. Kenapa bisa demikian? Menurut angka yang dilaporkan oleh analis Piper Jaffray Gene Munster, menyebutkan bahwa Kesepakatan lisensi dengan Apple atas Google Maps dan Aplikasi Pencarian Google untuk iOS dilaporkan menyumbang 40% dari keuntungan Google Mobile.

Apple telah menggunakan layanan Google Maps sebagai layanan peta default pada iPhone sejak smartphone Apple ini memulai debut pertama pada tahun 2007. Setiap tahun kesepakatan itu telah membawa pengaruh besar dari pendapatan untuk Google dengan jumlah di tahun ini yang tidak berbeda jauh. Munster memperkirakan Google mendapatkan pendapatan sebesar $ 4,5 miliar dari pemasukan aplikasi mobile, yang mana iOS menyumbang sebesar $1.6 juta atau sekitar 2 persen dari total penjualan Google untuk tahun ini.

Oleh karena itu, rumor rencana Apple untuk mengumumkan sendiri in-house mapping service di event WWDC minggu depan. Dan tampaknya apa yang Google sebut dengan Google “Next Dimension” Mapping yang diumumkan minggu ini tampaknya akan menjadi sia-sia atau kurang menghasilkan profit dikarenakan langkah Apple yang memutuskan tidak lagi menggunakan Google Maps untuk perangkatnya.

Namun, Munster tidak berharap ada dampak besar untuk pengalaman iOS terlepas dari apa yang akan Apple umumkan minggu depan. Google Maps telah digunakan lebih dari 1 miliar pengguna di seluruh dunia dan masih akan tersedia di App Store bahkan jika mungkin tidak lagi menjadi map default untuk iOS.

[via CNET]