Google perkenalkan Proyek Penyelamatan Bahasa yang terancam punah

Google perkenalkan Proyek Penyelamatan Bahasa yang terancam punah

208

Google telah mengumumkan sebuah proyek baru yang mereka sebut dengan Endangered Language Project, sebuah proyek yang bertujuan untuk menyelamatkan bahasa yang di ambang kepunahan. Google mengatakan bahwa ada lebih dari 3.000 bahasa yang perlu diselamatkan, dan Google merasa penting untuk mendokumentasikan  bahasa-bahas tersebut untuk melestarikan keragaman budaya hingga “menghormati pengetahuan dan penemuan dari para tetua atau pendahulu kita dan memberdayakan generasi muda kita.” Proyek ini bertujuan untuk memberikan tempat bagi mereka yang tertarik untuk mendokumentasikan dan melestarikan bahasa dari sebuah budaya.

googlelanguages

Beberapa kontributor dari seluruh dunia sudah melakukan posting beragam konten untuk situs yang dikembangkan Google ini, termasuk manuskrip abad ke-18, dan dilengkapi dengan teknik pengajaran yang lebih modern menggunakan video dan audio. Semuanya memanfaatkan berbagai layanan Google termasuk YouTube, Google Maps, dan Google Groups.

Google memang punya peran besar dalam mengelola proyek ini, tetapi mereka mengatakan bahwa step by step akan mengurangi porsi pengelolaan pada proyek ini dan menyerahkan proyek Endangered Language ini ke orang lain termasuk ke Cultural Council and The Institute for Language Information and Technology di Eastern Michigan University. Selain kontributor, penelitian akan dibagi oleh University of Hawai’i di di Manoa dan Eastern Michigan University sebagai tim yang akan melengkapi katalog untuk Endangered Language Project ini.

[via Google Blog]