AMD dan ARM berkolaborasi wujudkan Chip yg “aman”

AMD dan ARM berkolaborasi wujudkan Chip yg “aman”

301

AMD dan ARM telah mengumumkan kemitraan yang akan melihat AMD memanfaatkan chip berbasis ARM Cortex A5 pada prosesor masa depan untuk menggunakan teknologi TrustZone. Langkah itu dirancang untuk memanfaatkan fitur keamanan yang ditawarkan olehchip ARM, jadi tidak perlu khawatir akan beberapa perubahan dramatis dari arsitektur x86. AMD akan membangun chip keamanan baru ke APUS masa depan pada tahun 2013, dengan peluncuran perangkat yang lebih luas direncanakan untuk tahun 2014.

TrustZone dirancang untuk mencegah penyerang mengakses informasi penting pada tingkat perangkat keras(hardware). AMD mengatakan bahwa penggunaan chip ARM adalah perkembangan alami dengan dengan teknologi yang ada pada perusahaan keamanan. Beberapa perusahaan telah menyambut baik langkah ini, seperti AllPay, sebuah layanan yang menangani proses pembayaran dengan jutaan transaksi per hari.

Intel juga memiliki bilt in fitur keamanan pada tingkat perangkat keras. vPro telah dimasukkan di prosesor Intel untuk sementara waktu sekarang, ditujukan untuk bisnis yang membutuhkan kemampuan untuk mengunci atau menghapus data dari jarak jauh untuk komputer yang dicuri. Prosesor Intel Sandy Bridge juga dilengkapi dengan protected path untuk konten digital pada tingkat hardware.

[via SlashGear]