Akhirnya, Good Bye Yahoo! Koprol

Akhirnya, Good Bye Yahoo! Koprol

252

koprol-logoPagi ini akhirnya kami mendapatkan informasi mengenai kelanjutan nasib dari layanan sosial media berbasis lokasi Yahoo! Koprol. Seperti yang kita tahu dan pernah kami tulis juga, bahwa Yahoo! Koprol adalah salah satu layanan dari Yahoo! yang akan mendapatkan imbas dari Proses perampingan karyawan Yahoo!, tepatnya Yahoo! Indonesia. Dan benar, pagi ini melalui Blog resmi Yahoo! Koprol, team Yahoo! Koprol memngumumkan bahwa kita semua (utamanya pengguna koprol) harus mengucapkan selamat tinggal ke layanan Yahoo! Koprol.

Dalam blog resmi Yahoo! Koprol desneutkan bahwa setelah melakukan kajian portfolio produk secara seksama, Yahoo! memutuskan untuk menghentikan Koprol yang efektif pada tanggal 28 Agustus 2012. Hingga 28 Agustus nanti, pengguna Yahoo! Koprol dapat membackup data online dari akun Yahoo! Koprol melalui tautan ‘Export Data’ di m.koprol.com/export. Data online profil, posting, review, check-in, dan gambar asli yang pernah kita upload akan terbackup dan dapat kita simpan di penyimpanan offline.

Pada awal bulan April yang lalu, puluhan pengembang berbakat yang sebelumnya bekerja di Yahoo! Indonesia mulai bersiap-siap untuk mencari kerja dan kantor baru. Dan sejak saat itulah nasib layanan sosial media berbasis lokasi karya anak bangsa yang secara resmi diakuisisi oleh Yahoo! pada tahun 2010 ini mulai digantungkan. Ini merupakan imbas pengurangan 2.000 karyawan atau sekitar 14% tenaga kerja Yahoo! secara global. Saat itu, CEO baru Yahoo!, Scott Thompson, mengatakan bahwa perampingan jumlah tenaga kerja ini dilakukan agar perusahaan bisa lebih gesit untuk bersaing dengan sejumlah rivalnya seperti Google dan Facebook.

Dan akhirnya, kita semua harus mengucapkan selamat tinggal pada Yahoo! Koprol. Dan apabila dari teman-teman Geeks ada yang berfikir setelah proses shutdown ini kemudian Koprol akan berdiri sendiri, tampaknya tidak mungkin. Sependek yang kami ketahui, proses akuisisi Koprol oleh Yahoo! pada tahun 2010 yang lalu mengakuisisi semua bagaian dari Koprol, termasuk semua pegawai dan brand dari Koprol itu sendiri. Jadi sulit bagi Satya dan teman-teman dibelakang layar Koprol untuk up layanan ini dengan nama yang sama. Tapi kami yakin Satya dan teman-teman akan terus berinovasi untuk menghadirkan layanan baru yang lebih baik dari pada Koprol. Kita tunggu saja!