Waspadai Malware berkedok Instagram untuk Android

Waspadai Malware berkedok Instagram untuk Android

290

instagram-android1Sore ini kami mendapatkan informasi dari Mashable bahwa para penjahat dunia maya memanfaatkan keberhasilan Instagram dengan membuat versi palsu dari Instagram. Menurut laporan Sophos, versi palsu dari Instagram ini akan menguras pulsa pengguna dengan cara mengirimkan SMS palsu atau SMS Premium yang tidak jelas.

Hari rabu kemarin Sophos mengidentifikasi bahwa muncul klon alias aplikasi palsu Instagram untuk Android yang diduga dibuat oleh penjahat cyber dari Rusia. Dalam postingannya, Sophos memperingatkan pengguna untuk tidak mendownload aplikasi Instagram untuk Android selain di Google Play, karena boleh jadi jika seorang pengguna mendownload aplikasi Instagram selain di Google Play akan beresiko men-download malware yang akan mengirim SMS di background atau tanpa sepengetahuan pengguna dari perangkat Android pengguna.

Salah satu cara untuk mengidentifikasi apakah Anda men-download aplikasi Instagram untuk Android kita aman adalah untuk mencari foto berikut:

instagram-malware-photo

Sophos menuturkan, beberapa versi gambar tersebut muncul di dalam file APK dari aplikasi. “Mungkin alasan mengapa fotonya disertakan beberapa kali adalah untuk mengubah fingerprint dari APK. Dengan harapan bahwa dapat mengelebahui anti-virus dan tidak dianggap sebagai paket yang berbahaya,” ungkap Graham Cluley, konsultan teknologi di Sophos.

Jadi sekali lagi untuk teman-teman Geeks pengguna smartphone atau tablet berplatform Android yang ingin menginstall aplikasi Intagram untuk Android, kami sarankan untuk mendownload aplikasi dari Google Play agar terhindar dari Malware berkedok Instagram untuk Android ini.