GeekFest: Ajang kumpul Geeks Indonesia

GeekFest: Ajang kumpul Geeks Indonesia

248

Mungkin diantara teman-teman Geeks ada yang pernah berfikir atau menaruh harapan ada sebuah acara semacam SXSW (South by South West) yang baru saja berlangsung tanggal 9 s/d 18 Maret di Austin, Texas dapat digelar di Indonesia. SXSW adalah festival tahunan yang diselenggarakan setiap bulan Maret yang mengumpulkan para geeks dari mereka yang suka music, film indie, hingga mereka yang gila teknologi dalam sebuah acara. Dan jika benar teman-teman Geeks pernah berfikir atau punya harapan seperti itu, tampaknya harapan tersebut akan menjadi nyata. Akhir bulan Maret ini akan digelar sebuah acara yang terinspirasi dari Festival SXSW di US tersebut. Nama acaranya adalah Geekfest.

presscon-screen-small

Ya, GeekFest merupakan sebuah acara yang konsepnya boleh dibilang mirip dengan Festival SXSW (karena inpirasinya dari sini) yang digelar teman-teman Fowab (Forum Web Anak Bandung) yang bekerjasama dengan Kibar Kreasi. GeekFest merupakan sebuah festival yang pertama kalinya di Indonesia, mengkolaborasikan musik, film, game, dan multimedia ke dalam sebuah wadah teknologi. Dalam acara ini pertunjukan, seminar, talk show, dan pameran ini menyajikan hiburan dengan pengalaman yang berbeda. Acara GeekFest akan digelar pada tanggal 31 Maret – 1 April 2012 di Sasana Budaya Ganesha, Bandung, Jawa Barat.

Tujuan diselenggarakannya acara GeekFest ini adalah untuk mengangkat karya kreativitas anak muda Indonesia yang berkaitan dengan teknologi, dari sejumlah “artis” serta penggiat teknologi dan digital dari berbagai komunitas yang ada di Kota-kota di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Malang. Di acara ini peserta akan menunjukkan kolaborasi lintas genre, campuran dari musik, film, multimedia, dan teknologi.

“GeekFest merupakan ajang yang berkomitmen mendukung talenta-talenta muda negeri untuk tampil mengibarkan Indonesia di pentas dunia. Sekaranglah saatnya anak muda Indonesia menciptakan kreasi asli nusantara. Kami ingin menunjukkan bahwa Indonesia bukan hanya terkenal sebagai “pabrik” dari perusahaan terkenal di luar negeri, tapi kita juga bisa membuat produk sendiri yang bisa mengharumkan nama Indonesia,” ungkap CEO Kibar Kreasi, Yansen Kamto yang IDGEEKS.Net kutip dari Blog Post GeekFest.

Yohan Totting, salah satu inisiator Fowab mengungkapkan bahwa melalui acara GeekFest ini mereka ingin menunjukkan bahwa anak muda Indonesia memiliki potensi yang sangat besar di bidang industri kreatif. Sudah sangat banyak karya anak bangsa yang sukses di tingkat dunia, tapi belum begitu terdengar gaungnya. Padahal mereka inilah rock star yang sesungguhnya, yaitu yang menciptakan karya kreatif dengan level internasional. Jadi harapannya acara ini menjadi media untuk memberikan pemahaman kepada publik untuk mengapreasiasi para pelaku di belakang layar yang akan tampil di depan dengan kreasi yang belum pernah ada sebelumnya. Dan juga untuk menampilkan bakat anak muda Indonesia yang sesungguhnya di industri kreatif.

Selama dua hari nanti, akan berkumpul teman-teman Geeks mulai dari teman-teman Geeks pencinta musik, film, game, dan multimedia dalam satu tempat dan berkolaborasi satu sama lain. Detail acara selama dua hari nanti dapat teman-teman lihat di Schedule Acara GeekFest. Acara ini gratis, namun jika teman-teman ingin masuk ke main stage utama mengikuti seminar dan workshop teman-teman harus membeli tiket masuknya terlebih dahulu. Berminat dengan acara ini? Yuk hadir di Sasana Budaya Ganesha, Bandung tanggal 31 Maret dan 1 April nanti. Informasi detail tentang acara GeekFest ini dapat teman-teman lihat di GeekFe.st atau follow twitternya di @GeekFestID.