Canonical Siapakan Smartphone, Tablet, dan Smart TV Berbasis Ubuntu

Canonical Siapakan Smartphone, Tablet, dan Smart TV Berbasis Ubuntu

336

Ubuntu for PhoneBerita gembira terbaru datang dari Linux Ubuntu, Canonical perusahaan dibalik Linux Ubuntu tahun depan berencana  untuk menggunakan Ubuntu dalam ruang smartphonetablet, dan smart TV setelah berdiskusi dengan mitranya selama 18 bulan. Sejak diluncurkannya Unity sebagai destkop invorenment bawaan Ubuntu, Mark Shuttleworth, pendiri Canonical menyatakan, “Seluruh bagian dari Unity memiliki visi desain yang kuat untuk dalam berbagai platform, kami juga sudah mendengar keinginan orang agar Ubuntu dapat dijumpai  pada tablet sehingga Ubuntu sudah memiliki pengembang dan basis pelanggan”.

Rencana Ubuntu ini tentu akan meramaikan persaingan sistem operasi mobile bersama Android (Google), Windows Phone, iOS (Apple), Android, Symbian, MeeGo, iOS, Blackberry OS, Windows Phone, hingga Meltemi yang berebut pangsa di pasar ini. Berita ini diperoleh dalam sebuah wawancara dengan ZDNet saat Ubuntu Developer Summit yang dilaksanakan di Orlando, Florida.

Shuttleworth juga mengatakan, “Ini merupakan ekspansi alamiah yang sejalan dengan misi Ubuntu sebagai Linux untuk seluruh umat manusia. Semua orang akan beralih dari desktop ke media komputasi baru, oleh karena itu penting untuk kami mendekat ke komunitas yang menggunakan media baru ini. Jadi, kami akan mengambil tantangan menerapkan Ubuntu di smartphone, tablet, dan smart tv. Rencana jangka pendek Ubuntu adalah merancang Ubuntu 12.04 (yang dirilis bulan April 2012) sestabil mungkin dan melengkapinya dengan antarmuka dekstop Unity, sehingga dapat memenuhi seluruh kebutuhan penggunanya. Setelah itu, baru Canonical akan berekspansi dari komputer desktop Linux ke seluruh jenis perangkat komputasi (computing device)”.

Ubuntu for Tablet

Sayangnya, rencana Ubuntu ini tak akan terlaksana dalam waktu dekat. Mark Shuttleworth mengatakan Ubuntu untuk perangkat mobile dan televisi ini baru akan tersedia pada bulan April 2014.

Via KabarIT